Let's search what do you want

“Blackle.com” Search Engine Google Ramah Lingkungan

Apakah teknologi membantu menghemat energi atau meningkatnya penggunaan internet dan penggunaan server terkait melakukan hal yang sebaliknya?

Ini adalah pertanyaan yang valid, tapi menurut pendapat saya, teknologi, khususnya internet adalah sebuah enabler untuk meningkatkan hidup pada umumnya. Jadi saya tidak bermaksud untuk berdebat jika Internet dan teknologi benar-benar buruk bagi lingkungan, tetapi lebih untuk melihat beberapa fakta menarik.
Seluruh konsumsi energi dari infrastruktur TI global, diperkirakan oleh Stanford University, adalah sekitar 120 juta megawatt jam, dua kali lipat dari hanya 5 tahun yang lalu, yang adalah 2% dari seluruh emisi CO2 di seluruh dunia. Konsumen energi terbesar adalah modal game Las Vegas dengan 20 juta Mega Watt jam. Google telah sangat prihatin dengan lingkungan, tidak mengherankan dengan keharusan untuk menjalankan banyak serverSetiap pencarian di google.com pukulan sekitar 4 gram CO2 ke lingkungan - dikalikan dengan beberapa ratus juta pencarian per hari.

Bicara tentang Google, ide yang menarik memang adalah Blackle.com, yang merupakan mesin pencari Google hitam. Blogger Mark Ontkush dihitung pada tahun 2007 bahwa mesin pencari Google hitam akan menghemat 750 megwatt jam secara global per tahun. Ini tidak banyak, mengingat bahwa ini akan sama dengan konsumsi tahunan sekitar 100 Jerman, namun tabungan bisa meningkat seiring waktu. Mengapa? Yah, karena tabungan hanya dapat diwujudkan dengan monitor layar datar, dan bukan monitor tradisional - jadi ketika semakin banyak orang beralih ke layar datar monitor, tabungan jelas akan meningkat.

Saya juga berpikir adalah menarik bahwa jika sebuah avatar di Second Life masih hidup sekitar jam, emisi CO2 akan 120 kg, konsumsi energi akan lebih tinggi dari rata-rata penduduk di Brazil, atau seorang Amerika dalam tiga bulan.

Saya rasa itu bermuara pada merek PC dan organisasi-organisasi seperti Google, Microsoft, IBM, Cisco, dan lain-lain untuk bekerja sama untuk mengembangkan produk yang akan mengimbangi meningkatnya penggunaan internet, terutama di negara-negara seperti Cina dan India, tetapi juga di daerah yang kurang berkembang, seperti Afrika.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks to..

Tuhan yang telah memberikan segalanya yang terbaik bagi saya, serta tak lupa juga kepada Mama, papa, dan Guru TI yang amat saya cintai dan saya banggakan, karena beliaulah saya bisa berkarya seperti ini..